Qualcomm Mengumumkan Chipset Snapdragon 8+ Gen 1 Dan Snapdragon 7 Gen 1

Posted on

Xastropay – Qualcomm telah mengumumkan SoC (SoC) baru untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Ada dua chipset baru yang diumumkan secara resmi oleh Qualcomm hari ini: Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Kedua grup tersebut untuk perangkat Android. Dengan begitu, chip tersebut bisa digunakan di banyak merek smartphone Android seperti Asus, Oppo, Xiaomi, Vivo.

Snapdragon 8+ Gen 1 sendiri merupakan bagian dari seri Snapdragon 8 dan melengkapi saudaranya Snapdragon 8 Gen 1, yang akan diluncurkan perusahaan pada akhir tahun 2021.

Sementara itu, Snapdragon 7 Gen 1 merupakan chip pertama dalam seri Snapdragon 7 yang menyandang nama baru dan lebih sederhana dari Qualcomm. Chip ini merupakan penerus dari seri Snapdragon 778G yang diluncurkan pada Mei dan Oktober 2021.

Spesifikasi Snapdragon 8+ Gen 1

Snapdragon 8+ Gen 1 adalah chipset Qualcomm saat ini. Dengan demikian, chip ini kaya akan banyak fitur canggih yang mendukung aktivitas yang tergolong berat, seperti game seluler dan lainnya.

Menurut informasi Qualcomm yang diterima dari KompasTekno pada hari Jumat, 20 Mei 2022, Snapdragon 8+ Gen 1 memiliki CPU Kryo yang menawarkan pemrosesan 10% lebih cepat dan efisiensi daya hingga 30% dibandingkan dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1. .

Untuk grafis, chip ini menggunakan GPU Andreno yang ditingkatkan, sehingga dikatakan mampu memberikan kecepatan hingga 10% dan efisiensi daya hingga 30%, memungkinkan pengalaman bermain game yang lebih baik daripada pendahulunya.

Qualcomm juga menyertakan fitur Snapdragon Elite Gaming, yang memungkinkan chip menjadi responsif dan mendukung tampilan HDR yang berwarna-warni seperti desktop.

Dari segi fotografi, Snapdragon 8+ Gen 1 dibekali dengan teknologi Snapdragon Sight yang mampu menampung perekaman video 8K HDR. Dukungan ini dikatakan mampu mendukung konten dalam format HDR10+, yang berisi lebih dari satu miliar warna.

Teknologi AI chip tersebut juga melampaui mesin AI Qualcomm generasi ke-7, yang diklaim mampu menghadirkan efek bokeh yang sama seperti lampu Leica.

Seperti Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1 juga mendukung jaringan 5G berkat modem Snapdragon X65.

Fitur lain yang melengkapi chip ini adalah speaker berkemampuan Snapdragon Sound serta konektivitas WiFi dan Bluetooth berbasis Qualcomm FastConnect 9600.

Chip ini dikonfirmasi pada Q3 2022 pada perangkat bermerek ASUS, ROG, Black Shark, Honor, iQoo, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Osom, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, ZTE.

Spesifikasi Snapdragon 7 Generasi Pertama

Meskipun Snapdragon 7 Gen 1 diklasifikasikan sebagai chipset kelas menengah, ia juga menawarkan beberapa fitur gaming Snapdragon Elite seperti Adreno Frame Motion Engine.

GPU Andreno milik chip ini dikatakan memberikan grafis 20% lebih cepat dari pendahulunya, Snapdragon 778G. Untuk dukungan optik, chip tersebut dikatakan mendukung resolusi Quad HD+.

Beranjak ke sisi fotografi, Snapdragon 7 Gen 1 dilengkapi dengan Qualcomm Spectra Triple ISP, memungkinkan vendor smartphone memasang konfigurasi kamera dengan resolusi hingga 200MP. Qualcomm mengklaim bahwa ini adalah resolusi pertama yang ditenagai oleh seri Snapdragon 7.

Kualitas perekaman didukung hingga 4K HDR untuk kecerahan warna yang hidup dan hitam pekat.

Jangan lupa bahwa Qualcomm menyertakan AI Engine Gen 7 yang memungkinkan pengenalan wajah mendalam berdasarkan 300 penanda wajah untuk AF yang lebih akurat, bahkan saat mengenakan topeng. Performa AI dikatakan 30% lebih tinggi dari pendahulunya.

Dari segi konektivitas, Snapdragon 7 Gen 1 ditenagai oleh modem yang sama dengan Snapdragon 8+ Gen 1: modem Snapdragon X65 dan teknologi FastConnect 9600, mendukung WiFi dan Bluetooth.

Untuk pertama kalinya dalam seri Snapdragon 7, chip ini dilengkapi Snapdragon Sound untuk mencegah getaran dan menciptakan pengalaman yang imersif.

Snapdragon 7 Gen 1 akan diadopsi oleh beberapa vendor smartphone termasuk Honor, Oppo dan Xiaomi, dan perangkat tersebut diperkirakan akan diluncurkan pada Q2 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.